Contoh dan cara membuat surat lamaran Kerja yang baik dan benar

Contoh dan cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar - Bagi teman-teman yang baru lulus baik adari perguruan tinggi ataupun sekolah seperti tamat SMA, tentunya teman semua ingin cepat mendapat pekerjaan supaya dapat memenuhi kebutuhan sendiri dan tentunya menghasilkan uang sendiri dan dapat membantu oramg tua tentunya.  karena itu supaya lamaran kerja kita mendapat respon positif terhadap perusahaan yang kita lamar maka kita tidak boleh meremehkan begitu saja perihal surat lamaran kerja ini, coba sobat bayangkan jika surat lamaran yang kita buat itu berantakan, tidak rapih, dan tidak menarik apakah perusahaan yang kita lamar patut untuk mempertimbangkan anda? tentu tidak kan,, karena persaingan di dunia kerja ini sangat ketat sobat, untuk itu pastikan anda membuat surat lamaran kerja sebaik mungkin, karena disitulah banyak perusahaan mulai menilai kepribadian seseorang dari tulisannya.

Oleh karena begitui pentingnya surat lamaran kerja ini, untuk itu saya akan memberikan sedikit tips kepada sobat pembaca sekalian tentang bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, ayi kita simak tips-tips di bawah ini.
  1. Gunakan bahasa penulisan yang baik dan benar usahakan sesuai dengan EYD, gunakan juga bahasa-bahasa yang lebih sopan dan santun karena hal itu akan menjadi nilai positif tersendiri bagi anda.
  2. Lengkapi semua persyaratan yang diminta oleh perusahaan, jangan sampai anda remehkan hal ini. Jika sampai anda remehkan maka jangan harap surat lamaran anda akan ditindak lanjuti.
  3. Tunjukkan kemampuan anda, jelaskan bahwa anda berkompeten dibidang ini atau itu, kalau perlu tunjukkan portofolio yang pernah anda buat, namun perlu anda ingat juga jangan terkesan terlalu menyombongkan kemampuan anda, siapa tau hal tersebut malah akan menjadi boomerang bagi anda.
  4. Terkadang seseorang lebih memilih mengirim surat lamaran kerja yang telah diketik dengan komputer kemudian dicetak, namun saya sarankan tulislah dengan tangan anda sendiri serapih mungkin, percayalah. Karena banyak yang bilang perusahaan bisa melihat kepribadian seseorang hanya dari tulisan tangannya saja.
dan di bawah ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar :

Contoh Surat Lamaran kerja 1

Hal : Lamaran PekerjaanKepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Maju Jaya Terus Di Depan
Jl. Merpati Putih No. 3
Jakarta Pusat 
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Maju Jaya Terus Di Depan yang termuat di harian Republika tanggal 6 Agustus 2012. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Maju Jaya Terus Di Depan.
Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama : ......................................
Tempat, tgl. lahir : ........................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ...................................... 
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik aktif maupun pasif. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Word, Excel, Acces, PowerPoint, OutLook dan beberapa software kantor lainnya. Saya juga mempunyai sertifikat internet dari Google inc. 
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4. Pas foto terbaru. 
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi yang saya miliki. 
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. 
Hormat saya,

Firmansyah, S.kom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan CoPas artikel di blog ini dengan mencantumkan Link Homepage Blog ini dan Tinggalkan komentar anda tentang artikel yang baru anda lihat, Terima kasih